Kamis, 20 September 2012

'Cause U are U-nique!

Design by: Kaosaku

U ARE U-NIQUE

Ini adalah tagline yang diusung oleh Kaosaku. Rumah produksi kreatif yang berkecimpung dalam bidang kaos dan sablon ini (we are proudly call ourselves as t-shirt specialists) didirikan pada tanggal 1 Oktober 2011 dan bertempat di kota hujan sebelah selatan Jakarta, Bogor.

Maksud dari tagline itu apa sih, Kakak?

Banyak orang bilang bahwa 'don't judge a book by its cover'. Terkadang perumpamaan ini ada benarnya juga sih, meski di lain pihak ada orang lain yang bilang bahwa, 'Kalau nggak dari cover-nya, elo mau nilai buku dari apanya lagi?' Nah, analogi yang sama juga kami pakai untuk tagline Kaosaku. Kami percaya kalau kepribadian atau keunikan seseorang itu sedikit banyak bisa terefleksikan dari bagaimana cara dia berpakaian. Betul? Betuuuuullll.....

Kalau cover buku sama dengan pakaian yang dikenakan seseorang, berarti kaos juga bisa jadi salah satu medium untuk merefleksikan keunikan itu. Misalnya, apa yang tergambar dalam otak kita kalau kita ngelihat ada seorang cewek sering pakai baju warna-warna gelap, terus gambarnya band-band rock atau metal? Kita pasti berasumsi kalau cewek itu adalah seorang cewek tomboy, kan? Kita nggak mungkin beranggapan bahwa cewek tersebut adalah seorang feminin yang seminggu sekali rajin pergi ke salon (walau kita nggak tahu juga...) Tapi bagi sebagian besar orang, kaos tersebut menjadi salah satu cara mereka untuk melihat kepribadian seseorang yang ditemuinya.


Selain sebagai ekspresi diri, kaos juga bisa jadi salah satu medium untuk berbicara. Nggak percaya? Akhir-akhir ini sering banget kan, diketemukan baju bertuliskan I LOVE INDONESIA atau baju dengan sablonan hati berwarna merah berbentuk lambang Garuda digunakan oleh banyak orang, tak terkecuali generasi muda. Kaos tersebut bisa menyampaikan pesan pada siapapun yang melihatnya bahwa orang tersebut adalah seorang nasionalis, cinta negara, tumpah darah, dan tanah airnya sendiri, misalnya.

Image Link

Lain halnya kalau kita menemukan seseorang yang pakai kas bertuliskan AUSTRALIA, misalnya. Atau kaos bertuliskan HARD ROCK CAFE BARCELONA. Dengan mengenakan kaos-kaos itu, secara tidak langsung ada sebuah komunikasi yang tercipta bahwa, 'Oooh, orang itu udah pernah ke luar negeri, toh.'

Hal-hal di atas hanya sebagian dan contoh cara bagaimana seseorang bisa mengekspresikan dirinya melalui sebuah kaos. Bahkan sebuah kaos pun bisa menjadi sebuah medium untuk berbicara. Oleh karena itu, Kaosaku melihat fenomena tersebut sebagai sebuah fenomena yang unik; bahwa setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam berekspresi. Kaosaku ingin klien-kliennya tetap menjadi dirinya sendiri (U are U) tanpa menghilangkan setiap ciri khas yang menempel (U-nique).

Selamat datang di dunia kreasi tanpa batas, temukan dan kenali ciri dirimu sendiri!